Bontang —- Senin 22 Januari 2024, Kegiatan literasi yang dilaksanakan di halaman Smp Negeri 9 Bontang dan di ikuti oleh seluruh peserta didik Kelas VII, VIII dan IX. serta didampingi oleh koordinator Literasi dan seluruh guru serta Kepala Sekolah. Pada kegiatan literasi kali ini seluruh siswa diminta mengamati lingkungan sekitar sekolah kemudian mencatat hasil pengamatan sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh Koordinator Literasi Ibu Dwi Setyorini, S.Pd.
Adapun Tujuan Kegiatan:
Menggabungkan pembelajaran literasi dengan pengalaman lapangan. Mendorong siswa untuk mengobservasi dan merespons lingkungan sekitar. Mengembangkan kemampuan menulis deskriptif dan ekspresif. Perlengkapan: Buku catatan atau lembar kerja untuk setiap siswa. Pensil atau pulpen. Daftar pertanyaan terkait lapangan.
Langkah-langkah Kegiatan:
- Pemanasan (5 menit)
Pemimpin kegiatan menyampaikan tujuan ekspedisi sastra.
Diskusikan singkat tentang apa yang diharapkan siswa dapat pelajari dan kembangkan selama kegiatan.
- Eksplorasi Lapangan (10 menit)
Siswa dibagi menjadi kelompok kecil.
Setiap kelompok diberikan daftar pertanyaan terkait lapangan, misalnya, “Apa yang bisa kamu amati di sekitar lapangan?” atau “Bagaimana lingkungan ini memengaruhi suasana hatimu?”
Siswa menjelajahi lapangan dan mencatat observasi mereka.
- Observasi Sastra (10 menit)
Pilih area tertentu di lapangan yang menarik (pohon tua, bangku taman, dll.).
Siswa diminta untuk mengamati dan membayangkan bahwa objek tersebut adalah elemen sastra. Mereka mencatat deskripsi detail.
- Menulis Deskriptif (5 menit)
Siswa kembali ke tempat duduk mereka dan menuliskan deskripsi singkat tentang objek yang diamati, mencakup semua panca indera.
Dorong siswa untuk menggunakan bahasa deskriptif yang kreatif.
Berbagi dan Membaca (5 menit)
Setiap siswa membagikan deskripsinya dengan teman sebangku.
Beberapa siswa dapat membaca deskripsi mereka di depan kelas.
Menganalisis dan Diskusi (5 menit)
Pemimpin kegiatan mengarahkan diskusi tentang bagaimana pengalaman lapangan dapat dihubungkan dengan literasi.
Pertanyaan diskusi dapat mencakup konsep-konsep sastra seperti metafora atau personifikasi dalam deskripsi mereka.
Penutup (5 menit)
Pemimpin kegiatan menyimpulkan pembelajaran dan kesan dari ekspedisi.
Memberikan umpan balik positif dan dorongan untuk terus mengamati dunia di sekitar mereka.
Catatan Tambahan:
Pastikan daftar pertanyaan terkait lapangan dirancang agar mengundang pengamatan dan refleksi.
Fasilitator dapat berjalan dari kelompok ke kelompok untuk memberikan panduan dan menjawab pertanyaan.
Jangan lupakan elemen kesenangan dan kekreatifan dalam kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi siswa.